RSS

" VISION " DALAM PEMBELAJARAN

Salam sukses Bunda Indonesia !

Bunda, suatu saat ada seorang anak kecil yang sedang belajar dengan seorang guru atau syech. Tiap sore si anak diajak sang guru berkuda kepantai hingga air laut sampai dilutut kuda kemudian berhenti dan sang guru berkata " Diseberang laut sana adalah kerajaan Konstantinopel, Rosulullah pernah bersabda bahwa pemimpin yang menaklukkannya adalah sebaik - baik pemimpin dan pasukannya adalah sebaik - baik pasukan dan kamulah yang akan menaklukkannya ". Hal itu terus dilakukan dan benar - benar memotivasi sang anak.

Bunda, anak itu adalah Sultan Mahmud Al Fatih penakluk kontantinopel bersama sang guru Asy-Syeikh Muhammad bin Isma'il Al-Kurani.


Bunda Indonesia ! menannamkan visi dalam proses pembelajaran sangatlah penting, setiap anak harus diinstall dengan visi - visi yang mulia dengan kata lain setiap anak harus memiliki mimpi. Dengan mimpi itulah sang anak akan belajar untuk menggapai mimpinya.

Bagaimana Caranya ?
Seperti  gurunya al Fatih, Beliau setiap hari berkata " Kamulah yang akan menaklukkannya " sehingga sang murid dengan keyakinannya akan menjadikan hal itu sebagai visi besarnya. Demikian juga kepada anak kita, sering - seringlah kita bertanya " Kakak kalau sudah besar mau jadi apa ? " atau jika sang anak belum paham tentang visi atau cita - cita bisa kita bantu dengan panggilan yang melekat seperti " Selamat pagi Pak Dokter ! ", " Siap pak Komandan ! " dan lainnya.

Sebutan itu jika terus menerus dilakukan akan dapat berpengaruh pada pola pikir anak. Demikian sekilas proses instalasi visi kepada anak kita, dapat kita bayangkan misal setiap hari kita sebut anak kita " Anak Sholeh " , " Anak pintar " dan lainnya, tentunya hal itu dapat menguatkan proses pembelajaran disamping perbaikan pada sistem pembelajrannya.

Salam sukses Bunda Indonesia ! dan selamat beraktifitas.

0 komentar:

Posting Komentar