RSS

Mengelola Emosi terhadap Anak

Selamat malam Bunda Indonesia !

Satu hal yang menjadi kelemahan kita para orangtua terutama bunda adalah ketika anak kita merengek - rengek atau menangis ketika menginginkan sesuatu dan kita mengacuhkannya sehingga suara tangisan itu membuat kita gerah dan serta merta kita bilang " dah ! terserah kamulah kalo gak bisa dibilangin ".

Akhirnya runtuhlah pertahanan kita dan untuk kali ini anak kita menang. Bunda jika kita tidak cermat maka ini akan terulang dan menjadi senjata ampuh bagi anak kita untuk memuluskan keinginannnya. Lantas bagaimana menyikapinya ?

Bunda Indonesia, memang perlu latihan keras agar kita bisa mengolah emosi kita, tidak terpengaruh keadaan dan selalu berpikir jernih saat mengalami sesuatu yang menyulut emosi. Saat anak kita menangis maka reaksi yang muncul pastilah emosi kita yang duluan, suara bising tangisan anak membuat emosi kita semakin menjadi.

Ada obat yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad saw ketika kita dalam keadaan emosi kepada siapapun. Kata Rosulullah " Jika engkau marah sedang engkau dalam keadaan berdiri maka duduklah, jika masih marah maka berbaringlah, jika masih marah maka ambillah air wudhu ...". Pesan ini dapat kita aplikasikan untuk mengontrol emosi kita, saat anak kita membuat kita emosi maka hal pertama yang harus dilakukan adalah kita rileks dengan duduk jika kita berdiri, ambil nafas perlahan dan ambillah air wudhu, insyaallah amarah kita akan reda.

Kebanyakan dari kita akan meladeni emosi itu dengan kata - kata sehingga tidak selesai atau reda malah bertambah memuncak dan hal lain yang dapat kita lakukan adalah meninggalkan sumber/penyebab emosi tersebut sementara waktu, setelah tenang baru kita selesaikan ( diskusikan ) jalan keluarnya.

Nah..Bunda Indonesia ! Kita memang dituntut untuk lebih sabar dari anak - anak kita jika kita ingin mendidik ananda untuk memiliki jiwa sabar. Salam sukses untuk Bunda Indonesia...

@RumahBunda'14


0 komentar:

Posting Komentar